Sunday, November 22, 2015

Rumah Kontrakan


 

 

 

untuk ulang tahun SDD 

 

Tubuhku adalah rumah kontrakan yang sudah sekian waktu

aku diami sampai aku lupa bahwa itu bukan rumahku.

Tiap malam aku berdoa semogalah aku lekas kaya supaya bisa

membangun rumah sendiri yang lebih besar dan nyaman,

syukur dilengkapi taman dan kolam renang.

 

Tadi malam si empunya rumah datang dan marah-marah.

“Orgil, kau belum juga membereskan uang sewa, sementara

aku butuh biaya untuk memperbaiki rumah ini.”

“Maaf Bu,” aku menjawab malu, “uang saya baru saja habis

buat bayar utang. Sabarlah sebentar, bulan depan pasti

sudah saya lunasi. Kita kan sudah seperti keluarga sendiri.”

 

Pada hari yang dijanjikan si empunya rumah datang lagi.

Ia marah besar melihat rumahnya makin rusak dan berantakan.

“Orgil, kau belum juga membereskan uang sewa, sementara

aku butuh biaya untuk merobohkan rumah ini.”

 

Dengan susah payah akhirnya aku bisa melunasi uang kontrak.

Bahkan diam-diam si rumah sumpek ini kupugar-kurombak.

Saat si empunya datang, ia terharu mendapatkan rumahnya

sudah jadi baru. Sayang si penghuninya sudah tak ada di sana.

Ia sudah pulang kampung, kata seorang tetangga.

 

“Orgil, aku tak akan pernah

merobohkan rumah ini. Aku akan tinggal di rumahmu ini.”

 

 

Oleh :

Joko Pinurbo

No comments:

Post a Comment