Saturday, August 8, 2015

Daging

Angkasa luas inilah yang menggelembungkan balon di kepalaku.

Bongkahan planet melayang, seperti gumpalan dada yang mengerang.

''Siapa Anda? Punyakah Anda secebis kisah tentang dunia? Tolong.''


Tidak.

Tak ada kisah tentang dunia.

Kecuali dongeng, semacam konon, yang diterbangkan oleh sepotong daging di jagat raya.

''Ini bulan, kuserpih dari seratku yang malam.

Ini matahari, kubeset dari kulitku yang siang.

Pada keduanya ada gerhana, tempat kau berpikir tentang tiada.''


Tentang tiada?


''Aku manusia! Diriku lahir karena ada. Siapa Anda?

Takkan aku bertanya kalau di mataku Anda tiada.

Takkan aku berkata kalau gugus galaksi gelap saja.

Takkan aku berpikir kalau semuanya sia-sia.

Siapa Anda?''


''Sudah mereka katakan aku cuma dongeng.

Sudah mereka katakan aku cuma konon.

Tapi aku daging. Daging, yang setiap hari engkau telan engkau muntahkan...''



Oleh ;

Gus tf

No comments:

Post a Comment