Thursday, May 1, 2014

Cara Membaca Puisi Yang Baik dan Benar

Bagaimana cara membaca puisi? Mungkin itu adalah pertanyaan yang mungkin ada di dalam benak anda. Sebelumnya Situs Puisi sudah memberikan arti pengertian puisi bahwa Puisi adalah salah satu seni tepatnya seni sastra. Dan kesenian itu relative. yang artinya seni itu ada jelek ada juga yang indah tergantung bagaimana orang menilainya. Kenapa saya suka dengan puisi? Puisi itu kalau menurut saya bukan hanya indah namun juga memiliki makna yang tersembunyi didalamnya. Anda jangan hanya bisa membaca puisi saja tanpa mengetahui maknanya sebenarnya. Penting sekali untuk mengetahui isi dari puisi yang telah kita baca tadi. Isi dari puisi bisa berupa nasehat. keinginan dari pembuat puisi. ajakan. larangan. dan masih banyak lagi makna dari sebuah puisi. Puisi adalah salah satu jenis sastra yang bahasa didalamnya terikat oleh rima. irama. serta penyusunan larik dan bait. Membaca sebuah puisi akan berbeda dengan membaca sebuah teks cerita. Ketika kita akan membaca puisi tentunya kita harus tahu apa yang harus kita lakukan ketika membaca puisi tersebut. Penjiwaan atau Penghayatan dalam pembacaan puisi juga harus diperhatikan dan juga kita harus memerhatikan lafal dan intonasi yang tepat. Berikut bagaimana cara membaca puisi yang benar.

Cara Membaca Puisi Dengan Lafal Dan intonasi Yang Tepat
1.     Rima dan Irama. artinya dalam membaca puisi tidak terlalu cepat ataupun terlalu lambat. Seperti yang telah dijelaskan diatas. membaca puisi berbeda dengan membaca sebuah teks biasa karena puisi terikat oleh rima dan irama sehingga dalam membaca puisi tidak terlalu cepat ataupun juga terlalu lambat.
2.     Artikulasi atau Kejelasan suara. artinya suara kita dalam membaca sebuah puisi haruslah jelas. misalnya saja dalam huruf-huruf vokal. Sehingga puisi akan terdengar oleh audiens.
3.     Ekspresi Mimik wajah. artinya ekspresi wajah kita harus bisa disesuaikan dengan isi puisi. Ketika puisi yang kita bacakan adalah puisi sedih maka ekspresi mimik wajah kitapun harus bisa menggambarkan isi puisi sedih tersebut.
4.     Mengatur Pernapasan. artinya pernapasan harus diatur dan jangan tergesa-gesa. Sehingga tidak akan menggangu ketika membaca puisi.


Nah bagaimana anda sudah tahu tips membaca puisi yang baik dan benar bukan? Nah tapi ingat anda juga harus mengerti juga arti dan makna dari puisi tersebut. Kalau anda tertarik ingin membuat puisi maka anda harus belajar cara menulis puisi yang baik dan benar.

No comments:

Post a Comment