Wednesday, April 30, 2014

Puisi Modern dan Penceritraannya

Di era modern puisi berkembang sangat pesat, termasuk lepas dari gaya penulisan puisi lama yang masih terikat bait, sajak dan rima. Pencitraan sendiri merupakan sentuhan sempurna dalam sebuah puisi. Dan puisi modern dan pencitraannya ini jauh lebih bebas dalam pembuatannya. Semua itu membuat puisi modern jauh lebih diminati dan diterima oleh berbagai kalangan.

Puisi lama, puisi baru dan puisi kontemporer merupakan jenis puisi yang ditinjau dari perkembangannya. Karena puisi yang baik tidak ada pengulangan, apalagi sampai lebih dari tiga kali pengulangan, hal seperti ini akan menyebabkan kebosanan. Puisi juga mengalami perkembangan dari berbagai sudut, namun semua itu tetap menjadikan puisi lebih kaya warna.

Pencitraan yang Menarik

Berdasarkan pemaparan diatas, maka puisi modern dan pencitraannya sangatlah saling berkaitan, pencitraan akan membuat puisi menjadi lebih menarik dan lebih hidup. Puisi epik, puisi dan puisi dramatik menjadi perkembangan dari segi pengungkapannya. Inilah puisi modern yang bisa Anda jumpai, yaitu puisi, sajak, panttm, syair,  lagu, kata-kata mutiara dan masih banyak lagi. Semua dibuat dengan bahasa yang bebas namun tetap memiliki keunikan, keindahan dan harmonisasi nada dalam karya tersebut. Umbu Landu Paranggi disebut- sebut sebagai salah satu penulis puisi modern, yang sangat produktif dan inspiratif.

Ciri- ciri dan Contoh
 
Ciri- ciri puisi modern yang sering dijumpai, yaitu : penulisannya bebas tanpa terikat rima maupun unsur puisi, perkembangan bahasa dan diksinya selalu bergerak dinamis, isinya lebih banyak ungkapan masalah yang dialami si penyair dan sastra barat juga memiliki andil untuk mempengaruhi karya lokal. 
 
Geliat puisi modern saat ini berkembang sangat pesat. Inilah salah satu contoh puisi modern yang sederhana, yaitu : 
 
Cinta terpasung dalam doa 
lllelilit akan setia yang tak jua jera 
Berlumuran rindu tiada tara 
Menggapai mahligai cinta di Syurga 
(Tia, 2013)
 

Demikianlah, ulasan singkat artikel puisi modern dan pencitraannya, semoga memberikan manfaat untuk pemula yang ingin membuat puisi modern, karena puisi modern sangatlah fleksibel dan mudah dibuat oleh siapapun. Bagiamanapun karya sastra merupakan ungkapan hati si penyair, untuk itu hargai apapun bentuknya sebuah karya. Selamat berkarya!

Sumber

No comments:

Post a Comment